h1

Trilogi dari Kuntilanak

Oktober 3, 2007

Konsep trilogi Kuntilanak akan saling terkait, namun setiap bagian memiliki ciri khas berbeda dan menarik.

Sukses besar dengan sekuel perdananya, film horor layar lebar karya Rizal Mantovani berjudul Kuntilanak, berniat hadir dengan konsep cerita trilogi. Jika tak ada aral melintang, sekuel kedua Kuntilanak bakal dilepas ke pasar setelah Lebaran atau 10 November mendatang, dan sekuel ketiga dijadwalkan hadir pada pertengahan tahun depan.

”Mengapa harus trilogi, karena ini sebuah cerita yang bisa menghibur masyarakat luas,” ujar Rizal saat berbincang bersama wartawan di Jakarta, akhir pekan lalu. Film Kuntilanak sekuel perdana dirilis pada tahun lalu. Dari ajang MTV Indonesia Movie Awards (MIMA) 2007, film ini mendapat predikat sebagai Best Scary Movie versi anak nongkrong MTV, demikian sebutan bagi para pemirsa MTV di Global TV. Selain sukses dari ajang tersebut, yang membuat film ini dihadirkan dalam konsep tiga cerita bersambung adalah jumlah penonton.

Di dalam negeri, film yang diproduksi MVP Pictures ini berhasil meraup penonton hingga 1,5 juta. ”Tetapi, secara keseluruhan film ini ditonton hingga 1,8 juta orang. Sisanya adalah penonton yang berasal dari Filipina, Singapura, dan Malaysia,” kata Aris, humas MVP Production, menambahkan.

Dipertahankan
Dalam sekuel kedua nanti, Rizal masih tetap menggandeng tim yang bermain di sekuel perdananya. Dari penulis skenario, sutradara muda ini masih mempercayakannya kepada Ve Handojo. Selanjutnya, dari bintang utamanya, peran Julie Estelle sebagai Samantha justru lebih dieksplorasi sisi gelapnya. Mendampingi Julie adalah Evan Sanders yang memerankan tokoh Agung, pacar Samantha.

Selain dua tokoh muda tadi, Rizal, yang pernah sukses dengan film Jelangkung (2001) juga menggandeng para sineas senior. Di antaranya Piet Pagau, Bella Esperance, dan Buanergis Moeryono alias Mas Yono. Sedangkan untuk ilustrator musiknya, sekuel kedua Kuntilanak ini masih tetap dipercayakan kepada Andi Rianto, dan bersama dengan Koil, sebuah band indie asal Bandung, menggarap lagu bertajuk Semoga Kau Sembuh.

Rizal menjelaskan, konsep trilogi dalam film ini benar-benar saling terkait. Artinya, kata dia, karakter-karakter yang ada akan terus berkembang dan setiap bagiannya mempunyai ciri khas yang berbeda dan menarik. ”Dalam film Kuntilanak Samantha diceritakan sudah berada dalam puncak dilemanya. Sisi gelap kepribadiannya semakin lama semakin kuat dan siap menelan seluruh keberadaannya,” kata Rizal menjelaskan.

Julie Estelle mengatakan dalam film sekuel kedua ini dirinya lebih menonjolkan akting konflik psikologis. ”Di film ini saya sudah bisa menguasai pengaruh (tembang durmo yang digunakan untuk memanggil Kuntilanak),” kata Julie. ”Tetapi, di sini saya justru dieksplorasi apakah mau menjadi jahat atau baik dengan kemampuan saya itu.”

Dalam sekuel perdananya, tokoh Samantha memiliki kemampuan di bawah alam sadar untuk membawakan tembang durmo, sebuah lagu berbahasa Jawa yang digambarkan mampu memanggil Kuntilanak. Untuk menghadirkan ketegangan dan konflik ceritanya, Rizal menghadirkan para pemuja aliran sesat bernama sekte Mangkoedjiwo. ”Di sini tokoh Samantha dicari-cari oleh pengikuti sekte Mangkoedjiwo. Selain itu juga Samantha di sini berusaha pula menyingkirkan kekasihnya, Agung,” kata Rizal sedikit memberi bocoran tentang film Kuntilanak sekuel kedua ini.

Untuk visualisasi kuntilanak, Rizal juga melakukan pengembangan. Di sekuel perdana, visualisasi kuntilanak ditampilkan seperti kaki kuda. ”Tetapi di sekuel ini saya menghadirkan karakter kuntilanak yang lebih menyerupai manusia. Sosok kuntilanak di sini adalah setan perempuan dengan kulit dan rambut yang pucat,” paparnya lagi.

Sementara itu, mengenai obsesi penonton yang bakal digapainya dari sekuel kedua ini, Rizal dan Aris tak mau terlalu sesumbar. ”Harapan kita tentunya semoga film ini bisa menyamai prestasi di sekuel perdananya, walaupun kami sadar untuk mendapat penonton hingga 1,5 juta itu bukanlah hal yang mudah untuk saat ini,” kata Aris.***

Sumber Koran Republika

Iklan

One comment

  1. Bikin film horor kuntilanak 4 lagi donk..,dan pemain msh k julie estele,dan dtambah pemainny yaitu kakak dari k justele yaitu k cathy sharon,psti bagus bngt..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: